Model Gigi

Hal-Hal yang Perlu Diketahui tentang Scaling

Ketika kontrol ke dokter gigi dan dokter menemukan adanya karang gigi, Anda dianjurkan untuk melakukan prosedur scaling untuk meningkat kebersihan gigi dan mulut Anda.

Apa itu Scaling Gigi?

Scaling adalah prosedur non-bedah yang bertujuan untuk menghilangkan dan membersihkan karang gigi pada permukaan gigi dan bagian bawah gusi. Karang gigi adalah plak yang sudah menebal dan mengeras, serta tidak dapat dibersihkan dengan sikat gigi. Karang gigi perlu dibersihkan oleh dokter gigi dengan menggunakan alat ultrasonic scaler atau scaler manual. Berbeda dengan karang gigi, plak adalah lapisan lembut dan lengket yang tidak berwarna yang terus-menerus terbentuk pada permukaan gigi, namun dapat dihilangkan dengan menyikat gigi. Jika Anda tidak rajin menyikat gigi, maka plak yang ada dapat menumpuk dan dapat mengakibatkan terbentuknya karang gigi.

Prosedur scaling disertai dengan root planing (penghalusan akar), dimana dokter gigi akan membersihkan dan menghaluskan permukaan akar yang terdapat karang gigi sehingga nantinya permukaan akar menjadi halus dan bersih. Permukaan akar yang halus dan bersih membantu gusi Anda yang tadinya mengalami radang menjadi sehat kembali.

Kapan Anda Membutuhkan Scaling?

Penting untuk ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, untuk mengecek apakah Anda memiliki masalah pada gigi dan mulut sehingga dapat diberikan perawatan yang tepat. Dokter gigi dapat melakukan scaling setiap 6 bulan sekali untuk meningkatkan kebersihan gigi dan mulut Anda, atau 3 bulan sekali tergantung kebersihan gigi dan mulut Anda. Dokter gigi juga akan menyarankan Anda untuk scaling jika memiliki tanda-tanda penyakit radang gusi, seperti:

1. Gusi memerah dan bengkak
  2. Gusi dapat berdarah ketika sikat gigi atau saat tidak beraktivitas
  3. Gigi menjadi goyang
  4. Bau mulut

Apa yang Terjadi jika Karang Gigi Dibiarkan?

Karang gigi yang dibiarkan dapat mengakibatkan penyakit radang gusi dan jika dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan penyakit periodontal. Penyakit periodontal adalah penyakit infeksi bakteri yang menyerang jaringan pendukung gigi seperti gusi dan meluas ke tulang gigi. Penyakit periodontal jika dibiarkan dapat mengakibatkan:

1. Gigi goyang akibat adanya kerusakan tulang gigi
  2. Kehilangan gigi
  3. Gigi menjadi sakit saat menggigit
  4. Ketidaknyamanan saat mengunyah

Selain tidak rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut, penyakit gusi dan periodontal juga dapat diakibatkan karena beberapa faktor, seperti:

• Merokok
  • Penyakit diabetes melitus yang tidak terkontrol
  • Kondisi hormonal seperti kehamilan, pubertas
  • Nutrisi yang buruk
  • Penuaan
  • dan lain-lain

Manfaat dari Scaling Gigi

Banyak manfaat yang didapatkan setelah melakukan scaling, yaitu:

1. Mencegah penyakit radang gusi. Karang gigi yang dibiarkan dapat mengakibatkan bakteri menginfeksi gusi sehingga gusi menjadi merah, bengkak, dan mudah berdarah. Dengan melakukan scaling dapat mencegah dan menghilangkan pembentukan karang gigi.
  2. Menurunkan risiko gigi goyang dan copot. Karang gigi yang dibiarkan dapat mengakibatkan radang gusi terus menerus terjadi. Hal ini menyebabkan bakteri menyebar dari gusi ke jaringan pendukung gigi sehingga mengakibatkan kerusakan tulang gigi. Lama kelamaan gigi menjadi goyang hingga copot. Dengan melakukan scaling dapat menurunkan risiko gigi Anda menjadi goyang atau copot.
  3. Mencegah dan menghilangkan bau mulut. Plak dan karang gigi yang menumpuk merupakan akumulasi dari sisa-sisa makanan dan bakteri yang tidak dibersihkan dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya bau mulut. Dengan scaling, Anda dapat mencegah dan menghilangkan bau mulut tentunya disertai dengan menyikat gigi yang baik dan benar.
  4. Gigi terlihat lebih bersih dan cerah. Menumpuknya karang gigi dapat menyebabkan gigi terlihat lebih kuning dan kasar. Setelah Anda melakukan scaling, permukaan gigi menjadi halus, bersih, dan warna gigi terlihat lebih cerah.

Setelah scaling, jika Anda memiliki banyak karang gigi, gusi dapat berdarah pada 24-48 jam pertama saat menyikat gigi. Hal normal yang terjadi setelah scaling yaitu, gigi Anda terasa sakit/ ngilu/ lebih sensitif dan gusi terasa bengkak. Dokter gigi dapat menganjurkan Anda untuk kumur-kumur dengan obat kumur sesuai keparahan radang gusi atau penyakit periodontal Anda. Anda juga diharapkan untuk tetap menyikat gigi minimal 2x sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur untuk mencegah terbentuknya plak dan karang gigi, serta untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut Anda.

Scaling tidak hanya dapat dilakukan pada orang yang memiliki gejala penyakit radang gusi saja, tapi scaling juga dapat dilakukan 6 bulan sekali agar gigi Anda tetap bersih dan terhindar dari penyakit gigi dan mulut.

Yuk konsultasikan gigi Anda ke dokter gigi di Airis Dental Clinic!

REFERENSI

1. Root planing [Internet]. Root Planing – an overview | ScienceDirect Topics. [cited 2022Sep8]. Available from: https://www.sciencedirect.com/topics/medicine-and-dentistry/root-planing
  2. Silver N. Teeth scaling and root planing: How they may save your teeth [Internet]. Healthline. Healthline Media; 2018 [cited 2022Sep8]. Available from: https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/teeth-scaling#benefits
  3. Scaling and root planing [Internet]. Mouth Healthy TM. [cited 2022Sep8]. Available from: https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/s/scaling-and-root-planing
  4. Beirne P, Forgie A, Worthington HV, Clarkson JE. Routine scale and Polish for periodontal health in adults. Cochrane Database of Systematic Reviews. 2005;
  5. Scully C. Halitosis (oral malodour). Oral and Maxillofacial Medicine. 2013;:98–102.
  6. Gum bleeding after a dental cleaning | perio implant advisory [Internet]. [cited 2022Sep8]. Available from: https://www.perioimplantadvisory.com/clinical-tips/article/14208262/gum-bleeding-after-a-dental-cleaning
  7. Newman MG, Carranza FA. Carranza’s clinical periodontology. St. Louis, MO: Elsevier/Saunders; 2015.